Apa itu Central serous retinopathy? Gejala, penyebab, dan diagnosa

Apa itu Central serous retinopathy?
Central serous retinopathy (CSR) memengaruhi area tengah retina yang disebut makula. CSR dapat menyebabkan penglihatan Anda menjadi kabur dan terdistorsi karena pengumpulan cairan di bawah makula Anda. Kondisi ini biasanya terjadi pada satu mata.
CSR biasanya mempengaruhi orang berusia antara 20 dan 50 tahun dan lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita. Namun, penyakit ini juga bisa terjadi pada orang lanjut usia.

Apa tanda-tanda dan gejalanya?
Biasanya Anda akan mengalami kehilangan penglihatan secara tiba-tiba tanpa rasa sakit disertai pengaburan dan distorsi di bagian tengah penglihatan Anda. Anda mungkin menjadi rabun jauh atau lebih rabun jauh dari sebelumnya dan akan memperhatikan hal itu
mengalami kesulitan membaca hal-hal yang dekat dengan Anda atau yang berukuran kecil.

Apakah ada komplikasi?
Dalam beberapa kasus, pembengkakan meninggalkan bekas luka yang dapat mempengaruhi penglihatan Anda. Kondisi ini bisa saja terulang kembali. Komplikasi ini akan didiskusikan dengan Anda oleh dokter mata.
Bagaimana Central serous retinopathy didiagnosis?
Jika Anda mengalami perubahan pada penglihatan Anda, dapatkan bantuan medis dari penyedia layanan kesehatan primer atau dokter spesialis mata (spesialis mata). Mereka akan membicarakan gejala Anda dan mungkin memesan tes retina tertentu.


Apakah ada yang bisa dilakukan?
Dalam kebanyakan kasus, kondisi ini akan hilang dengan sendirinya, tanpa pengobatan, dalam waktu satu hingga enam bulan dan penglihatan akan kembali normal. Kadang-kadang, perawatan laser mungkin disarankan untuk menutup kebocoran, namun perawatan hanya disarankan jika kondisinya tidak hilang dengan sendirinya.
Dokter mungkin menyarankan Anda menjalani tes pewarna fotografi khusus yang disebut angiografi fluorescein. Hal ini biasanya dilakukan jika kondisinya tidak membaik dengan sendirinya dan setelah perawatan laser.
Setelah kondisi Anda membaik, Anda akan keluar dari perawatan rumah sakit. Jika Anda mengalami tanda dan gejala lebih lanjut, Anda harus segera konsultasi ke dokter umum atau ahli kacamata.

Bagaimana cara pengobatannya?
Dalam sebagian besar kasus CSR, cairan diserap kembali tanpa pengobatan apa pun. Mayoritas orang yang mengidap CSR akan mendapatkan kembali sebagian besar atau seluruh penglihatan mereka sebelumnya. Jika cairan masih ada setelah tiga hingga enam bulan, Anda mungkin memerlukan perawatan untuk mencegah kerusakan makula yang lebih lama.
Salah satu pilihan pengobatan adalah menggunakan laser untuk menutup kebocoran, namun tidak boleh digunakan terlalu dekat dengan bagian tengah makula, karena dapat merusak penglihatan sentral Anda.
Jika ini masalahnya, Anda mungkin ditawari terapi fotodinamik. Di sinilah obat disuntikkan ke dalam aliran darah Anda dan diaktifkan di mata menggunakan laser berenergi rendah, yang tidak akan merusak makula.
Anda juga harus dibantu untuk melakukan perubahan gaya hidup yang mungkin bisa membantu, seperti mengurangi stres atau menghentikan obat apa pun yang dapat memperburuk kondisi.

Referensi:
Manchester University NHS Foundation Trust, diakses pada 2023. Central Serous Retinopathy (CSR)
mft.nhs.uk/app/uploads/sites/2/2018/04/REH-158.pdf
Macular Society, diakses pada 2023. Central serous retinopathy (CSR)
macularsociety.org/macular-disease/macular-conditions/central-serous-retinopathy/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *